Selamat Datang di Makassar Nol Km…

Awalnya adalah sebuah buku yang berjudul sama yakni Makassar Nol Kilometer yang diterbitkan oleh Penerbit Ininnawa pada tahun 2005 dan kemudian diterbitkan ulang pada 2011. Buku ini adalah buku pertama yang merekam warga Kota Makassar kontemporer lengkap dengan karnaval budayanya, seperti merayakannya di alun-alun; di titik nol kilometer.

Buku yang berisi  49 tulisan yang dihasilkan 15 penulis muda, ini memotret fenomena [kejadian yang lambat laun menjadi sesuatu yang rutin] seperti iringan mayat atau perang antar-kelompok, komunitas [kelompok masyarakat di Makassar yang memiliki sifat khusus] seperti waria di Lapangan Karebosi sampai suporter PSM, ruang [penanda kota atau ruang publik] seperti Lapangan Karebosi dan Fort Roterdam, dan kuliner [jajanan yang biasa ditawarkan di Makassar] seperti Coto atau Sarabba. Makassar Nol Kilometer adalah sebuah buku untuk mereka yang ingin tahu budaya-pop Makassar dan sekitarnya.

Web ini adalah sebuah upaya mengungkap denyut kehidupan yang khas dan unik di Kota Makassar ke dalam sebuah wadah online.

Sebagai perwujudan dari mimpi, upaya ini tentu tak akan bisa berjalan sendiri tanpa bantuan teman-teman dan pemerhati Makassar. Untuk itu, kami menyambut setiap uluran tangan yang ingin membantu dengan mengirimkan tulisan ke makassar0km(at)gmail(dot)com.