Obrolan Dengan Bakal Calon Walikota Makassar

Bandara Sultan Hasanuddin, gerbang kota Makassar

Bandara Sultan Hasanuddin, gerbang kota Makassar

Tahun 2013 ini menjadi tahun penting untuk kota Makassar. Pada bulan September nanti akan digelar pemilihan walikota Makassar untuk menggantikan walikota Ilham Arief Siradjuddin yang sudah mengabdi selama 2 periode.

Partisipasi warga dalam pemilihan walikota menjadi sangat penting mengingat pemilihan ini akan sangat menentukan wajah Makassar 5 tahun ke depan. Salah satu partisipasi yang diharapkan adalah bagaimana warga mengenal bakal calon walikota yang akan jadi penentu wajah kota ini 5 tahun ke depan.

Sebagai ruang bersama untuk warga kota Makassar, situs MakassarNolKm.com mencoba untuk menjaring partispasi warga sebesar mungkin dan bekerjasama dengan banyak pihak. Akun @SupirPete2 pada kicauannya di hari Selasa 12 Februari mencoba untuk mengajak salah satu bakal calon walikota Makassar yaitu bapak Andry Arief Bulu untuk membuka sesi tanya jawab dengan warga mengenai beberapa hal yang mendasar tentang kota Makassar.

Berikut ini adalah hasil tanya jawab antara akun @SupirPete2 yang menjadi moderator dengan akun @AndryAriefBulu sebagai bakal calon walikota Makassar. Tanya jawab ini kami sajikan bukan sebagai bagian kampanye atau pembentukan opini publik. Ini hanya bagian upaya untuk warga kota agar bisa mengenal lebih jauh para bakal calon walikota Makassar periode 2014-2019.

Catatan: tanya jawab di bawah ini sudah melalui perbaikan ejaan dan tata bahasa tanpa mengubah isi yang sebenarnya.

#T:  seperti apa kota Makassar ini di mata seorang pak @AndryAriefBulu? #balonMKS01

#J: Kota Makassar adalah salah satu kota yang punya sejarah panjang di nusantara, kota makassar punya sejarah sebagai kota bandar perdagangan tersibuk di Asia tenggara sebagai kota bandar dagang maka arah pembangunan kota makassar adalah kota jasa dan perekonomian. Makassar merupakan kota yg dihuni berbagai karakter etnis masyarakat dari pelbagai daerah di tanah air.

#T: Apa motivasi pak @AndryAriefBulu untuk mencalonkan diri menjadi Walikota Makassar?

#J: Saya lahir dan besar di kota Makassar, kota Makassar harus tetap menjadi kota maju terkemuka di tanah air. Saya ingin Makassar sbg kota yg feasible sebagai kota nyaman huni bagi warganya dari segala segmen kehidupannya. Ingin warga Makassar memiliki standar kehidupan yang lebih baik dan maju.

#T:  Dari @sheilajunniar : apa yg akan @AndryAriefBulu lakukan terhadap fenomena gelandangan pengemis yg masih di bawah umur?

#J:  Coba lihat kenapa bisa terjadi? Analisa saya karena lapangan kerja bagi orang tuanya. Solusi berikan peluang lapangan pekerjaan sejak dini, didata & dikumpulkan orangtuanya, berikan bimbingan, arahan dan pelatihan. Bagi usia sekolah kembalikan agar bisa sekolah. Makassar kota modern dan maju maka fenomena itu harus dieliminir dlm 6 bulan pertama.

#T: Dari @jumardanm : media-media kampanye menjadi #SampahVisual bagi Makassar. sikap @AndryAriefBulu dengan hal ini?

#J: Semua media visual luar ruang saya, akan disesuaikan penempatannya, karena ada musimnya, pileg / pilkada, oleh karena itu perlu regulasi untuk waktu dan tempat.

#T:  Dari @iPulGs : apa rencana pak @AndryAriefBulu untuk membenahi angkutan umum di kota Makassar?

#J:  Salah satu ciri kota maju adalah moda transportasi yg nyaman, teratur, tertib. Penataan moda, jalur, & waktu lintas akan diatur agar masyarakat menikmati sarana umum tsb.

#T:  @enobudiarti : apa pendapat @AndryAriefBulu tentang unjuk rasa di jalan dengan dalih membela masyarakat tapi meresahkan & merusak Fasum?

#J:  Unjuk aspirasi secara brutal harus dihentikan, fasum milik semua warga, lebih baik dialog guna solusi. Adik-adik mahasiswa perlu disentuh scara persuasif agar area unjuk aspirasi tidak meluas.

#T: Dari @wilrizky: Bagaimana pandangan @AndryAriefBulu terhadap tata ruang Makassar? Apa-apa saja yg perlu dibenahi? Mengapa?

#J:  Arah pembangunan kota diarahkan ke timur. Wilayah resapan air di selatan tetap dipelihara agar kondisi ketika penghujan terjaga. Wilayah utara & barat sbg wilayah tradisional saling terintegrasi sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan. tengah & selatan sebagai pusat pemukiman harus tercluster sesuai dengan sarana umum & pemerintahan yg ada.

#T:  Dari @titutismail : @AndryAriefBulu mau nda membebaskan lahan untuk menjadi Ruang Terbuka Hijau & taman bermain anak?

#J:  Ide saya, ada central park ala NYC di salah satu sudut kota Makassar, central park ini untuk bermain, berolahraga, ada olahraga air, & perpustakaan yg nyaman.

#T:  Dari @adhieismail : saya mau bertanya strategi penanganan sampah dan drainase kota makassar menurut @AndryAriefBulu?

#J:  Kebersihan dimulai dari rumah, kesadaran buang sampah di tempatnya digalakkan. Perbanyak container, waktu pungut ditambah. TPA baru dan inovasi penanganan akhir dengan teknologi ditempuh. Saluran drainase yang bersih dan saling terintegrasi ke pembuangan akhir di hilir/ laut.

#T:  Terakhir, apa yg akan menjadi prioritas @AndryAriefBulu untuk Makassar ke depannya jika terpilih menjadi walikota?

#J:  Tahap awal : infrastruktur, sarana dan sistem transportasi, kebersihan dan perekonomian.

Demikian rangkuman tanya jawab dengan bakal calon walikota Makassar bapak Andry Arief Bulu. Kita berharap semakin banyak bakal calon walikota yang berkenan meluangkan waktu untuk membuka sesi tanya jawab dengan warga kota agar warga kota semakin mengenal calon pemimpinnya.

Kami tidak berusaha memberi kesimpulan dari tanya-jawab ini, semua dikembalikan kepada warga kota sendiri untuk memberikan analisa dari hasil tanya jawab yang masih terlalu singkat ini.

Bagikan Tulisan Ini:

Makassar Nol Kilometer (188 Posts)

Sebuah ruang termpat berkumpulnya warga kota Makassar mencatat dan bercerita tentang dinamika kota dari kaca mata warga. Kami membuka ruang seluas-luasnya bagi warga untuk berkontribusi di laman ini.


2 responses on “Obrolan Dengan Bakal Calon Walikota Makassar

  1. Kayakna masih normatif2 aja….nggak ada terobosan….hampir pasti, jika Beliau terpilih….tenaja nia’ perubahanG…..percayalah……..

  2. Pingback: Hati-Hati Memilih Walikota | Daeng Gassing·

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 5 = four

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>