Warga Bara-Barayya yang Berjaga karena Teror
April 18, 2017
Meraya(p) di Jalan Raya
Juni 13, 2017

Bermain di Kampung Kondo Buleng

Lembaga Lingkar bekerja sama dengan Sanggar Seni Tradisional Ilologading, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Tanahindie, Kedai Buku Jenny, dan UKM Fotografi Universitas Hasanuddin menggelar Bermain di Kampung: Pagelaran Teater Rakyat Kondo Buleng di Paropo” yang digelar di Jalan Babussalam IV No 12 Paropo, Panakukkang, Makassar, Rabu 26 April 2017, pukul 15:00 Wita.

Kegiatan ini berharap merefleksikan ingatan kita semua tentang sejarah Makassar dalam bentuk pertunjukkan teater. Menurut salah seorang panitia, Hawaisyatul Jannah, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu bentuk budaya lokal di Makassar kepada khalayak umum, terlebih kepada para pelajar dan mahasiswa. Hal tersebut juga sebagai salah sau bentuk pelestarian dan revitalisasi. Selain itu pula membangun kerjasama yang lebih luas dengan komunitas di Kota Makassar.

Teater Kondo Buleng merupakan cerita mengenai kondisi kehidupan masyarakat Makassar pada masa kekuasaan Belanda. Teater ini sendiri konon lahir sebagai suatu bentuk sindiran masyarakat kepada orang-orang Belanda di Makassar.

“Karena itu kami terdorong untuk mengenalkan Teater Kondo Buleng kepada masyarakat Kota Makassar,” terang Hawaisyatul Jannah.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *